Minggu, 04 Desember 2016

5 Alat Yang Telah di Buat oleh KIR SMKN 1 Cihampelas

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb
 
     Alhamdulillah Puji beserta syukur  mari kita panjatkan kepada Allah SWT yang atas karunianya kita bisa sehat wal afiat,tak lupa salawat beserta salam mari kita haturkan kepada nabi Muhamad SAW,tak lupa kepada keluarganya,sahabatnya ,tabiin dan tabiaatnya ,dan kepada kita selaku umatnya ..
     Perkenalkan nama saya AHMAD JALAL  ,saya sekolah di  SMKN 1 CIHAMPELAS kelas IX Tenik Instalasi Tenaga Listrik.Pada kesempatan ini saya akan mempaparkan 5 alat yang telah di buat oleh KIR SMKN 1 CIHAMPELAS dan alhamdulillahnya ke 5 alat tersebut sudah di pamerkan di berbagai pameran contohnya pameran Epitech Pangandaran.
Eh ngomong ngomong kalian tahu gak KIR itu apa ?? KIR adalah suatu organisasi yang ada di jurusan sekolah ,anggota KIR itu sendiri ya siswa siswi yang berkompeten dalam jurusannya .
Alat alat yang telah di buat KIR SMK NEGERI 1 CIHAMPELAS yaitu:
1.Mesin Pemotong Rumput Tenaga Surya
2.Handphone Mudik
3.Robot Line Follower
4.Swabing Robotic (Robot Pengepel)
5.Crane (Robot Pengangkut Di Pelabuhan)

 1.Mesin Pemotong Rumput Tenaga Surya
        Mesin ini tidak menggunakan bahan bakar ,melainkan menggunakan tenaga surya untuk arus listriknya ,komponen yang paling penting dari mesin pemotong ini yaitu solar cell,solar cell berfungsi untuk menyerap cahaya matehari yang langsung di ubah menggunakan inventer (alat pengubah tegangan)

Gambar Mesin Pemotong Rumput Tenaga Surya 


 2.Handphone Mudik
        Handphone Mudik adalah alat masa kini yang di ciptakan oleh KIR SMKN 1 CIHAMPELAS ,handphone mudik ini berfungsi untuk mematikan dan menyalakan lampu dengan jarak yang jauh ,bukan itu saja handphone mudik ini juga bisa menutup dan membuka gordeng ,dengan cara yang sangat mudah cuman menelepon handphone yang ada di rumah yang tersambung dengan rangkaian ,handphone yang di pergunakan untuk hp mudik ini yaitu hp Nokia jadul .

 Gambar Handphone mudik


 3.Robot Line Follower
        Robot line follower merupakan robot sensor yang melajunya hanya pada garis yang berwarna hitam,di industri robot ini bisa dipergunakan untuk mengangkut barang yang melaju mengikuti garis,sensor yang di pergunakan yaitu sensor LDR .

Gambar Robot Line Follower


4.Swabing Robotic (Robot Pengepel) 
       Swabing robotic atau robot pengepel dibuat bertujuan untuk membantu atau meringankan pekerjaan rumah tangga khususnya untuk ibu ibu rumah tangga,untuk mengendalikannya robot ini menggunakan remot control.

Gambar Swabing Robotic 


 5.Crane (Robot Pengangkut Di Pelabuhan)
             Crane ini dibuat sebagai simulator crane yang ada di pelabuhan ,tugasnya sama dengan yang ada di pelabuhan yaitu pengangkut  barang .

Gambar Crane


   Mungkin sampai sini saja artikel yang saya buat semoga epitech tahun depan bisa membuat alat yang lebih bermanfaat dan lebihh kreatif .

Sekian dan terima kasih WASSALAMUALAIKUM Wr Wb 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar